Aneka Ragam Produk Olahan Susu Kambing Senduro

Selain diminum secara langsung, ternyata banyak produk olahan berbahan dasar susu kambing Senduro yang saat ini sedang dikembangkan oleh sebagian pengolah susu untuk dijadikan produk unggulan dan memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi.

Menanggapi hal itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lumajang, Anang Achmad Syaifuddin mengungkapkan bahwa sekarang terdapat banyak peternak susu kambing di daerah Senduro, yang kemudian hasil dari perahan ternaknya disetorkan ke pengepul atau diolah untuk dijadikan produk yang bermanfaat.

"Ternyata produksi susu kambing di wilayah Senduro bisa mencapai 2 ton per harinya," ungkapnya saat berkunjung ke Goatzilla Farm and Cafe, di Desa Kandangtepus, Kecamatan Senduro, Kamis (17/12/20).

Agar mempermudah pengusaha olahan susu kambing Senduro dalam mengembangkan usahanya serta produknya diminati masyarakat luas, Ketua DPRD Lumajang berharap kepada Pemerintah Kabupaten Lumajang untuk mendukung dan menunjang para peternak maupun pengusaha dalam proses meningkatkan kwalitas produknya.

"Saya berharap, pemerintah bisa menyediakan kebutuhan para pengolah dan peternak kambing Senduro agar peternak kita semakin maju dan modern," harapnya.

Sementara itu, pengolah susu kambing di Goatzilla Farm and Cafe, Luthfi Andi Julkarnain menjelaskan bahwa pihaknya telah berhasil membuat beragam produk olahan dari susu kambing di antaranya; pasteurisasi (telah dimasak), yogurt kering, es yogurt lilin, kefir(susu fermentasi mirip yogurt dengan kandungan bakteri positif yang lebih banyak), masker kefir (susu kambing yang difermentasi dijadikan untuk masker wajah), sabun susu kambing dan keju susu kambing.

"Di Goatzilla Farm and Cafe ada 7 macam produk dari susu kambing Senduro, namun yang paling laris di sini susu kambing pasteurisasi dan yogurt, sedangkan untuk produk olahan lainnya dikhususkan untuk edukasi cara pembuatan dan diproduksi jika ada pesanan, karena kami masih dalam proses perizinan," jelasnya.

Ia juga mengatakan bahwa di Goatzilla Farm and Cafe terdapat 4 unit usaha yang tengah dikelola, yang meliputi peternakan kambing Senduro, cafe, pengolahan susu kambing dan wisata edukasi. (kominfo-lmj/Bob).