PETUGAS PERTANIAN PERIKSA DAGING DIPASAR BARU LUMAJANG

Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang melaksanakan pemeriksaan sampel daging sapi, kambing dan ayam di Pasar Baru Kabupaten Lumajang, pada Rabu (29/5/2019) pagi. Dimana petugas yang melakukan pemeriksaan langsung dipimpin Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Lumajang, Drh. Rofi’ah, ia memantau setiap petugas yang mengambil sampel daging di Pasar Baru Kabupaten Lumajang.

Drh. Rofi’ah mengatakan tujuan dari kegiatan ini untuk menjaga keamanan dan konsumsi masyarakat Kabupaten Lumajang, yang mengkonsumsi daging selama bulan suci ramadan ini. "Kenapa kegiatan ini penting karena menyangkut keamanan konsumsi kita selama ramadan maupun mendekati Idul Fitri, Ia menjelaskan, sampel yang diperiksa yakni daging sapi dan daging ayam diambil sampel dari pedagang di Pasar Baru Kabupaten Lumajang.

drh. Rofi’ah menjelaskan bahwa daging yang sehat harus memenuhi persyaratan Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH). Pemenuhan tersebut dapat dilakukan melalui optimalisasi peran Rumah Pemotongan Hewan (RPH).

"Jadi yang diperiksa sampel daging ,sapi, ayam, ada di Pasar Baru Kabupaten Lumajang, termasuk pasar lainya Yosowilangun, Kunir, Pasirian dan Senduro, kata Drh. Rofi’ah. "Hasil pemeriksaan nanti, langsung bisa diketahui hari ini juga, biala ada temuan kita lakukan pembinaan terhadap penjual dan kita akan lihat asal usulnya tempat pemotongan dagingnya, kita lakukan inpeksi ke tempat pemotongan hewan,"ungkapnya.